Isnin, 4 Disember 2017

ayat 26-29

  • TAFSIR QURAN DAN HADIS TABARUK 
  • JILIK-5-SURAH YASIN
  1. AYAT 26-29-SYURGA UNTUK ORANG BERIMAN DAN AZAB UNTUK YG ENGKAR'                                                                                                                         “Dikatakan (kepadanya): ‘Masuklah ke syurga’, ia berkata: ‘Alangkah baiknya sekiranya kamumku mengetahui. Apa yang menyebabkan Tuhanku memberi ampun kepadaku dan menjadikan aku termasuk orang-orang yang dimuliakan. Dan Kami tidak menurunkan kepada kaumnya sesudah dia (meninggal) suatu pasukanpun dari langit dan tidak layak Kami menurunkannya. Tidak ada siksaan atas mereka melainkan satu teriakan suara saja; maka tiba-tiba mereka semuanya mati 
  •               qiyladkhulil jannah qaala yaa layta qawmiy ya'Ålamuuna
  •          bimaa gafara liy rabbiy wa ja'Alaniy minal mukramiyna
  •    wa maaa anzalnaa 'Alaa qawmihii mim ba'Ådihii min jundim minas samaaai wa maa kunnaa munziliyna; in kaanat illaa SayHataw waaHidatan faidhaa hum khaamiduuna
  •  
    •   
        1.           
  •          26. 
    قِيلَ ٱدْخُلِ ٱلْجَنَّةَ ۖ قَالَ يَٰلَيْتَ قَوْمِى يَعْلَمُونَ
  •          27;بِمَا غَفَرَ لِى رَبِّى وَجَعَلَنِى مِنَ ٱلْمُكْرَمِينَ
  •          28'وَمَآ أَنزَلْنَا عَلَىٰ قَوْمِهِۦ مِنۢ بَعْدِهِۦ مِن جُندٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَمَا كُنَّا مُنزِلِينَ
  •          29' إِن كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَٰحِدَةً فَإِذَا هُمْ خَٰمِدُونَ
  1.                  Allah Ta’ala berfirman kepadanya, 
  2. lalu dia memasukinya dan mendapatkan rizki di dalamnya. Sesungguhnya Allah telah menghilangkan darinya penyakit dan kedukaan dunia. Mujahid berkata; “Dikatakan kepada Habib an-Najjar: ‘Masuklah ke dalam Surga.'” Hal itu terjadi setelah dia terbunuh, sehingga dia berhak menerimanya. Ketika dia melihat pahala, “Ia berkata: ‘Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui,”Qatadah berkata: “Tidak ada yang dijumpai seorang mukmin kecuali hal yang sebenarnya dan tidak menjumpai sesuatu yang menipu, dikarenakan tampaknya apa yang benar-benar tampak dari kemuliaan Allah Ta’ala.”

  •                  “Alangkah baiknya sekiranya kaumku mengetahui, apa yang menyebabkan Rabb-ku memberikan ampun kepadaku dan menjadikanku termasuk orang-orang yang dimuliakan,” dia berangan-angan, demi Allah, seandainya kaumku mengetahui apa yang tampak dari karunia Allah ini dan apa yang diberikan kepadanya. Ibnu ‘Abbas r.a berkata: “Dia menasihati kaumnya di waktu kehidupannya dengan per-kataannya, “Hai kaumku, ikutilah utusan-utusan itu,” dan setelah kematiannya, “Alangkah haiknya sekiranya kaumku mengetahui, apa yang menyebabkan Rabb ku memberikan ampun kepadaku dan menjadikanku temnasuk orang-orang yang dimuliakan.” (HR. Ibnu Abi Hatim).
  •                         Sufyan ats-Tsauri berkata dari ‘Ashim al-Ahwal, dari Abu Mijlaz, “Apa yang menyebabkan Rabb-ku memberikan ampun kepadaku dan menjadikanku termasuk orang-orang yang dimuliakan,” dengan keimananku kepada Rabbku dan membenarkan para utusan. Maksud-nya adalah, seandainya mereka melihat apa yang aku terima berupa pahala dan balasan serta nikmat yang melimpah, niscaya hal itu akan membawa mereka untuk mengikuti para Rasul. Lalu Allah merahmati dan meridhainya, dikarenakan dia begitu antusias untuk memberikan hidayah kepada kaumnya.
  •                                Dan firman Allah Tabaaraka wa Ta’ala: “Dan Kami tidak menurunkan kepada kaumnya sesudah dia (meninggal) suatu pasukanpun dari langitdan tidak layak Kami menurunkannya.“Allah Ta’ala mengabarkan bahwa Dia menghukum kaumnya setelah mereka membunuhnya karena kemurkaan-Nya kepada mereka. Hal itu dikarenakan mereka mendusatakan Rasul-Rasul-Nya dan membunuh wali-Nya. Allah Ta’ala menyebutkan bahwa Dia tidak menurunkan pasukan Malaikat kepada mereka untuk membinasakan mereka. Akan tetapi, semua itu lebih ringan bagi-Nya. Dikatakan oleh Ibnu Mas’ud sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Ishaq dari sebagian sahabatnya.
  •                        “Tidak ada siksaan atas mereka melainkan satu teriakan suara saja; maka tiba-tiba mereka semuanya mati, “lalu Allah Ta’ala membinasakan kerajaan tersebut dan penduduk Antokia, hingga mereka lenyap dari permukaan bumi dan tidak ada yang tersisa sedikit pun. Para ahli tafsir berkata: “Allah Ta’ala mengutus kepada mereka Malaikat Jibril lalu dia mengambil dua pundak pintu gerbang kota mereka dengan berteriak satu kali teriakan. Tiba-tiba mereka semuanya mati, tidak ada satu ruh pun yang tersisa dan kembali kepada jasadnya.”
  •  
  •                                Pelajaran-pelajaran dari ayat 26 – 29, antaranya
  •                                   :Penetapan tentang nikmat kubur, karena Allah Ta’ala berfirman,  “Dikatakan (kepadanya): Masuklah ke surga.” Padahal hari kiamat belum tiba dan orang-orang pun belum masuk surga.Penetapan tentang keberadaan surga. Hal itu telah ditunjukan oleh banyak ayat dan hadits, antara lain Firman Allah: “Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (Ali ‘Imran: 133).Anugerah Allah Ta’ala terhadap orang yang beriman dengan ampunan dan balasan yang baik dari-Nya.Sesungguhnya ampunan Allah Ta’ala lebih dulu datang sebelum pemuliaan dan rahmatnya. Hal ini dapat ditunjukan dengan disandingkan dua nama-Nya misalnya “al-Ghafuur dan “ar-Rahiim”.Sesungguhnya Allah Ta’ala terkadang menurunkan para malaikat untuk membinasakan orang-orang yang mendustakan-Nya.Sesungguhnya para malaikat adalah tentara-tentara Allah Ta’ala. Hal itu ditunjukan dengan ayat (مِنْ جُنْدٍ) “suatu pasukan pun”Penjelasan tentang kekuasaan Allah Ta’ala yang Mahamampu untuk membinasakan seluruh makhluk hanya dengan satu teriakan saja tanpa perbuatan apapun, melainkan hanya dengan suara ribut yang memutuskan hati.

YASIN RUMI



  1. SURAH YASIN RUMI;


  1. BISMILLAH-NIR-RAHMAN-NIR-RAHIM;
  2. Yaa-Seeen
  3. Wal-Qur-aanil-Hakeem
  4. Innaka laminal mursaleen
  5. 'Alaa Siraatim Mustaqeem
  6. Tanzeelal 'Azeezir Raheem
  7. Litunzira qawmam maaa unzira aabaaa'uhum fahum ghaafiloon
  8. Laqad haqqal qawlu 'alaaa aksarihim fahum laa yu'minoon
  9. Innaa ja'alnaa feee a'naaqihim aghlaalan fahiya ilal azqaani fahum muqmahoon
  10. Wa ja'alnaa mim baini aydeehim saddanw-wa min khalfihim saddan fa aghshai naahum fahum laa yubsiroon
  11. Wa sawaaa'un 'alaihim 'a-anzartahum am lam tunzirhum laa yu'minoon
  12. Innamaa tunziru manit taba 'az-Zikra wa khashiyar Rahmaana bilghaib, fabashshirhu bimaghfiratinw-wa ajrin kareem
  13. Innaa Nahnu nuhyil mawtaa wa naktubu maa qaddamoo wa aasaarahum; wa kulla shai'in ahsainaahu feee Imaamim Mubeen
  14. Wadrib lahum masalan Ashaabal Qaryatih; iz jaaa'ahal mursaloon
  15. Iz arsalnaaa ilaihimusnaini fakazzaboohumaa fa'azzaznaa bisaalisin faqaalooo innaaa ilaikum mursaloon
  16. Qaaloo maaa antum illaa basharum mislunaa wa maaa anzalar Rahmaanu min shai'in in antum illaa takziboon
  17. Qaaloo Rabbunaa ya'lamu innaaa ilaikum lamursaloon
  18. Wa maa 'alainaaa illal balaaghul mubeen
  19. Qaaloo innaa tataiyarnaa bikum la'il-lam tantahoo lanar jumannakum wa la-yamassan nakum minnaa 'azaabun aleem
  20. Qaaloo taaa'irukum ma'akum; a'in zukkirtum; bal antum qawmum musrifoon
  21. Wa jaaa'a min aqsal madeenati rajuluny yas'aa qaala yaa qawmit tabi'ul mursaleen
  22. Ittabi'oo mal-laa yas'alukum ajranw-wa hum muhtadoon
  23. Wa maa liya laaa a'budul lazee fataranee wa ilaihi turja'oon
  24. 'A-attakhizu min dooniheee aalihatan iny-yuridnir Rahmaanu bidurril-laa tughni 'annee shafaa 'atuhum shai 'anw-wa laa yunqizoon
  25. Inneee izal-lafee dalaa-lim-mubeen
  26. Inneee aamantu bi Rabbikum fasma'oon
  27. Qeelad khulil Jannnah; qaala yaa laita qawmee ya'lamoon
  28. Bimaa ghafara lee Rabbee wa ja'alanee minal mukrameen (End Juz 22)
  29. Wa maaa anzalnaa 'alaa qawmihee mim ba'dihee min jundim minas-samaaa'i wa maa kunnaa munzileen
  30. In kaanat illaa saihatanw waahidatan fa-izaa hum khaamidoon
  31. Yaa hasratan 'alal 'ibaad; maa yaateehim mir Rasoolin illaa kaanoo bihee yastahzi 'oon
  32. Alam yaraw kam ahlak naa qablahum minal qurooni annahum ilaihim laa yarji'oon
  33. Wa in kullul lammaa jamee'ul-ladainaa muhdaroon
  34. Wa Aayatul lahumul ardul maitatu ahyainaahaa wa akhrajnaa minhaa habban faminhu yaakuloon
  35. Wa ja'alnaa feehaa jannaatim min nakheelinw wa a'naabinw wa fajjarnaa feeha minal 'uyoon
  36. Liyaakuloo min samarihee wa maa 'amilat-hu aideehim; afalaa yashkuroon
  37. Subhaanal lazee khalaqal azwaaja kullahaa mimmaa tumbitul ardu wa min anfusihim wa mimmaa laa ya'lamoon
  38. Wa Aayatul lahumul lailu naslakhu minhun nahaara fa-izaa hum muzlimoon
  39. Wash-shamsu tajree limustaqarril lahaa; zaalika taqdeerul 'Azeezil Aleem
  40. Walqamara qaddarnaahu manaazila hattaa 'aada kal'ur joonil qadeem
  41. Lash shamsu yambaghee lahaaa an tudrikal qamara wa lal lailu saabiqun nahaar; wa kullun fee falaki yasbahoon
  42. Wa Aayatul lahum annaa hamalnaa zurriyatahum fil fulkil mashhoon
  43. Wa khalaqnaa lahum mim-mislihee maa yarkaboon
  44. Wa in nashaa nughriqhum falaa sareekha lahum wa laa hum yunqazoon
  45. Illaa rahmatam minnaa wa mataa'an ilaa heen
  46. Wa izaa qeela lahumuttaqoo maa baina aideekum wa maa khalfakum la'allakum turhamoon
  47. Wa maa taateehim min aayatim min Aayaati Rabbihim illaa kaanoo 'anhaa mu'rideen
  48. Wa izaa qeela lahum anfiqoo mimmaa razaqakumul laahu qaalal lazeena kafaroo lillazeena aamanooo anut'imu mal-law yashaaa'ul laahu at'amahooo in antum illaa fee dalaalim mubeen
  49. Wa yaqooloona mataa haazal wa'du in kuntum saadiqeen
  50. Maa yanzuroona illaa saihatanw waahidatan taa khuzuhum wa hum yakhissimoon
  51. Falaa yastatee'oona taw siyatanw-wa laaa ilaaa ahlihim yarji'oon
  52. Wa nufikha fis-soori faizaa hum minal ajdaasi ilaa Rabbihim yansiloon
  53. Qaaloo yaa wailanaa mam ba'asanaa mim marqadinaa; haaza maa wa'adar Rahmanu wa sadaqal mursaloon
  54. In kaanat illaa saihatanw waahidatan fa-izaa hum jamee'ul ladainaa muhdaroon
  55. Fal-Yawma laa tuzlamu nafsun shai'anw-wa laa tujzawna illaa maa kuntum ta'maloon
  56. Inna Ashaabal jannatil Yawma fee shughulin faakihoon
  57. Hum wa azwaajuhum fee zilaalin 'alal araaa'iki muttaki'oon
  58. Lahum feehaa faakiha tunw-wa lahum maa yadda'oon
  59. Salaamun qawlam mir Rabbir Raheem
  60. Wamtaazul Yawma ayyuhal mujrimoon
  61. Alam a'had ilaikum yaa Baneee Aadama al-laa ta'budush Shaitaana innahoo lakum 'aduwwum mubeen
  62. Wa ani'budoonee; haazaa Siraatum Mustaqeem
  63. Wa laqad adalla minkum jibillan kaseeraa; afalam takoonoo ta'qiloon
  64. Haazihee Jahannamul latee kuntum too'adoon
  65. Islawhal Yawma bimaa kuntum takfuroon
  66. Al-Yawma nakhtimu 'alaaa afwaahihim wa tukallimunaaa aideehim wa tashhadu arjuluhum bimaa kaanoo yaksiboon
  67. Wa law nashaaa'u lata masna 'alaaa aiyunihim fasta baqus-siraata fa-annaa yubsiroon
  68. Wa law nashaaa'u lamasakhnaahum 'alaa makaanatihim famas-tataa'oo mudiyyanw-wa laa yarji'oon
  69. Wa man nu 'ammirhu nunakkishu fil-khalq; afalaa ya'qiloon
  70. Wa maa 'allamnaahush shi'ra wa maa yambaghee lah; in huwa illaa zikrunw-wa Qur-aanum mubeen
  71. Liyunzira man kaana haiyanw-wa yahiqqal qawlu 'alal-kaafireen
  72. Awalam yaraw annaa khalaqnaa lahum mimmaa 'amilat aideenaaa an'aaman fahum lahaa maalikoon
  73. Wa zallalnaahaa lahum faminhaa rakoobuhum wa minhaa yaakuloon
  74. Wa lahum feehaa manaa fi'u wa mashaarib; afalaa yashkuroon
  75. Wattakhazoo min doonil laahi aalihatal la'allahum yunsaroon
  76. Laa yastatee'oona nasrahum wa hum lahum jundum muhdaroon
  77. Falaa yahzunka qawluhum; innaa na'lamu maa yusirroona wa maa yu'linoon
  78. Awalam yaral insaanu annaa khalaqnaahu min nutfatin fa-izaa huwa khaseemum mubeen
  79. Wa daraba lanaa maslanw-wa nasiya khalqahoo qaala mai-yuhyil'izaama wa hiya rameem
  80. Qul yuh yeehal lazeee ansha ahaaa awwala marrah; wa Huwa bikulli khalqin 'Aleem
  81. Allazee ja'ala lakum minash shajaril akhdari naaran fa-izaaa antum minhu tooqidoon
  82. Awa laisal lazee khalaqas samaawaati wal arda biqaadirin 'alaaa ai-yakhluqa mislahum; balaa wa Huwal Khallaaqul 'Aleem
  83. Innamaa amruhooo izaaa araada shai'an ai-yaqoola lahoo kun fa-yakoon
  84. Fa Subhaanal lazee biyadihee malakootu kulli shai-inw-wa ilaihi turja'oon

AYAT 18-25


  • TAFSIR QURAN DAN HADIS TABARUK
  • JILIK -5-SURAH YASIN
  • Ayat 18 – 25
  1. Bismillahi-rahmanir-rahim.Qaaloo innaa tataiyarnaa bikum la'il-lam tantahoo lanar jumannakum wa la-yamassan nakum minnaa 'azaabun aleem'Qaaloo taaa'irukum ma'akum; a'in zukkirtum; bal antum qawmum musrifoon;Wa jaaa'a min aqsal madeenati rajuluny yas'aa qaala yaa qawmit tabi'ul mursaleen;Ittabi'oo mal-laa yas'alukum ajranw-wa hum muhtadoon;Wa maa liya laaa a'budul lazee fataranee wa ilaihi turja'oon'A-attakhizu min dooniheee aalihatan iny-yuridnir Rahmaanu bidurril-laa tughni 'annee shafaa 'atuhum shai 'anw-wa laa yunqizoon

  • قَالُوا إِنَّا تَطَيَّرْنَا بِكُمْ لَئِنْ لَمْ تَنْتَهُوا لَنَرْجُمَنَّكُمْ وَلَيَمَسَّنَّكُمْ مِنَّا عَذَابٌ أَلِيمٌ (١٨) قَالُوا طَائِرُكُمْ مَعَكُمْ أَئِنْ ذُكِّرْتُمْ بَلْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُسْرِفُونَ (*) وَجَاءَ مِنْ أَقْصَى الْمَدِينَةِ رَجُلٌ يَسْعَى قَالَ يَا قَوْمِ اتَّبِعُوا الْمُرْسَلِينَ (٢٠) اتَّبِعُوا مَنْ لا يَسْأَلُكُمْ أَجْرًا وَهُمْ مُهْتَدُونَ (٢١) وَمَا لِيَ لا أَعْبُدُ الَّذِي فَطَرَنِي وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ (٢٢) أَأَتَّخِذُ مِنْ دُونِهِ آلِهَةً إِنْ يُرِدْنِ الرَّحْمَنُ بِضُرٍّ لا تُغْنِ عَنِّي شَفَاعَتُهُمْ شَيْئًا وَلا يُنْقِذُونِ (٢٣) إِنِّي إِذًا لَفِي ضَلالٍ مُبِينٍ (٢٤) إِنِّي آمَنْتُ بِرَبِّكُمْ فَاسْمَعُونِ

  • “Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami bernasib malang karena kamu, sesungguhnya jika kamu tidak berhenti (menyeru kami), niscaya kami akan merajam kamu dan kamu pasti akan mendapat siksa yang pedih dari kami. Utusan-utusan itu berkata: “Kemalangan kamu adalah karena kamu sendiri. Apakah jika kamu diberi peringatan (kamu bernasib malang)? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampui batas.” “Dan datanglah dari ujung kota, seorang laki-laki dengan bergegas-gegas ia berkata: “Hai kaumku, ikutilah utusan-utusan itu”. Ikutilah orang yang tiada minta balasan kepadamu; dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. Mengapa aku tidak menyembah (tuhan) yang telah menciptakanku dan yang hanya kepada-Nya-lah kamu (semua) akan dikembalikan? Mengapa aku akan menyembah tuhan-tuhan selain-Nya jika (Allah) yang Maha Pemurah menghendaki kemudharatan terhadapku, niscaya syafaat mereka tidak memberi manfaat sedikitpun bagi diriku dan mereka tidak (pula) dapat menyelamatkanku? Sesungguhnya aku kalau begitu pasti berada dalam kesesatan yang nyata. Sesungguhnya aku telah beriman kepada Tuhanmu; maka dengarkanlah (pengakuan keimanan) ku.”

  • Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan Allah menganggap para rasul sebagai pembawa sial, dan itu adalah anggapan batil.
  • Sesungguhnya kesialan seseorang terletak pada amalannya sendiri, bukan pada dakwah hak yang dilakukan para rasul.
  • Sesungguhnya dosa-dosa dan pendustaan terhadap para rasul dapat menjadi sebab kehancuran dan bencana.
  • Seyogyanya bagi seseorang untuk menggunakan kesempatan sebaik-baiknya dalam hal memberikan peringatan dan menasihati kaumnya.
  • Sesungguhnya diperbolehkan bagi seseorang untuk memberi peringatan sesegera mungkin tanpa muqaddimah jika memang hal itu diperlukan.
  • Anjuran agar berlemah lembut dalam bertutur kata ketika berdakwah pada orang lain, sehingga dia dapat diikuti dan diterima nasihat-nasihatnya.
  • Sesungguhnya para rasul tidak pernah meminta upah apapun dari manusia atas petunjuk dan bimbingan yang mereka berikan.
  • Sesungguhnya wajib atas orang yang berdakwah kepada Allah Swt agar berada di atas bashirah dan di atas ilmu, karena itulah sifat para rasul.
  • Bimbingan untuk ikhlas dalam beribadah kepada Allah Swt.
  • Sesungguhnya segala sesuatu yang disembah adalah tuhan (ilah). Akan tetapi, jika dia berhak untuk diibadahi, maka dia adalah Tuhan yang hak, dan itu tidak berlaku melainkan hanya untuk Allah Swt. Namun jika dia tidak berhak untuk diibadahi, yakni tuhan selain Allah Swt, maka ibadah kepadanya adalah batil dan ketuhanannya juga batil. Hal ini sebagaimana firman Allah, “(Kuasa Allah) yang demikian itu, adalah karena sesungguhnya Allah, Dialah (tuhan) yang haq dan sesungguhnya apa saja yang mereka seru selain dari Allah, itulah yang batil, dan sesungguhnya Allah, Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al-hajj: 62)
  1. Sesungguhnya tidak ada seorangpun yang dapat menyelamatkan orang yang telah Allah kehendaki keburukan padanya.Penjelasan bahwa diantara kesesatan yang paling bahaya dan paling dahsyat adalah seseorang yang menjadikan bersama Allah tuhan-tuhan yang disembah.Sesungguhnya barangsiapa yang mengesakan Allah Swt, maka dia berada di atas hidayah yang nyata, jelas dan terang; karena dia membenarkan fitrah dan membenarkan apa yang dibawa oleh para rasul.Kuatnya kepribadian lelaki tersebut, dimana dia menampakkan di hadapan kaumnya bahwa dia telah beriman. Dia beriman kepada Rabb mereka yang mengharuskan mereka untuk mengikhlaskan ibadah hanya untuk-Nya.Ketika itu, penduduk kampung berkata kepada mereka, “Sesungguhnya kami bernasib malang karenamu,” yaitu kami tidak melihat kebaikan di wajah-wajah kalian bagi kehidupan kami.

  • Yakni kesialan itu karena tingkah laku kalian sendiri. Ayat ini semakna dengan apa yang disebutkan di dalam firman-Nya yang menceritakan perihal kaum Fir'aun:{فَإِذَا جَاءَتْهُمُ الْحَسَنَةُ قَالُوا لَنَا هَذِهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَطَّيَّرُوا بِمُوسَى وَمَنْ مَعَهُ أَلا إِنَّمَا طَائِرُهُمْ عِنْدَ اللَّهِ}Kemudian apabila datang kepada mereka kemakmuran, mereka berkata, "Ini adalah karena (usaha) kami.” Dan jika mereka ditimpa kesusahan, mereka lemparkan sebab kesialan itu kepada Musa dan orang-orang yang besertanya. Ketahuilah, sesungguhnya kesialan mereka itu adalah ketetapan dari Allah. (Al-A'raf: 131)Dan kaum Nabi Saleh berkata:{اطَّيَّرْنَا بِكَ وَبِمَنْ مَعَكَ قَالَ طَائِرُكُمْ عِنْدَ اللَّهِ}Mereka menjawab, "Kami mendapat nasib yang malang disebabkan kamu dan orang-orang yang besertamu.” Saleh berkata, "Nasibmu ada pada sisi Allah (bukan kami yang menjadi sebab).” (An-Naml: 47)Qatadah dan Wahb ibnu Munabbih mengatakan, yang dimaksud dengan ta'ir di sini adalah amal perbuatan, yakni amal perbuatan kalian. Disebutkan pula di dalam firman-Nya hal yang semisal, yaitu:{وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَذِهِ مِنْ عِنْدِكَ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ فَمَالِ هَؤُلاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا}Dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan, "Ini adalah dari sisi Allah.” Dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana, mereka mengatakan, "Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad).” Katakanlah, "Semuanya (datang) dari sisi Allah.” Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun. (An-Nisa: 78)
  1. Qatadah berkata: “Mereka menjawab; ‘Kami tertimpa keburukan hanya disebabkan oleh kalian.” Mujahid berkata, mereka menjawab; “Tidak ada satu orang pun seperti kalian yang memasuki sebuah kampung kecuali dia akan menghukum penduduknya.”“Sesungguhnya jika kamu tidak berhenti (menyeru kami), niscaya kami akan merajammu,” Qatadah berkata; “Yaitu dengan batu.” Mujahid berkata: “Yaitu dengan celaan.” “Dan kamu pasti akan mendapatkan siksa yang pedih dari kami,”yaitu siksaan yang dahsyat. Lalu, para utusan mereka berkata, “Kemalanganmu itu adalah karena kamu sendiri,” yaitu kembali kepada kalian, seperti firman Allah Ta’ala tentang kaum Nabi Shalih: “Kami mendapat nasib yang malang, disebabkan kamu dan orang-orang yang besertamu.” Shalih berkata: “Nasibmu ada pada sisi Allah.” (QS. An-Naml: 47).Qatadah dan Wahb bin Munabbih berkata; “Yaitu amal-amal kalian bersama kalian.”
  •  Dan firman Allah Ta’ala,”Apakah jika kamu diberi peringatan (kamu mengancam kami)? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampaui batas,” yaitu, dikarenakan kami mengingatkan dan memerintahkan kalian untuk mengesakan Allah dan mengikhlaskan pengabdian hanya kepada-Nya, maka kalian membalas, mengancam dan menggertak dengan kata-kata tersebut, bahkan kalian adalah kaum yang melampaui batas.Ats-Tsauri berkata dari ‘Ashim al-Ahwal, dari Abu Mijlaz bahwa namanya adalah Habib bin Murri. Syuhaib bin Bisyr berkata dari ‘Ikrimah bahwa Ibnu ‘Abbas r.a berkata: “Nama laki-laki di surah Yaasiin adalah Habib an-Najjar yang dibunuh oleh kaumnya.” Qatadah berkata: “Dia beribadah di sebuah gua.“Hai kaumku, ikutilah utusan-utusan itu,” dia mendorong kaumnya untuk mengikuti orang-orang yang mendatangi mereka, “Ikutilah orang yang tidak minta balasan kepadamu,” yaitu sebagai balasan menyampaikan risalah. “Dan mereka adalah orang-orang yang mendapat petunjuk,” tentang apa yang mereka serukan kepada kalian berupa beribadah kepada Allah semata yang tidak ada sekutu bagi-Nya.“Mengapa aku tidak menyembah (Ilah)yang telah menciptakanku, “yaitu, apa yang mencegahku untuk memurnikan ibadah kepada Rabb yang menciptakan aku, Mahaesa yang tidak ada sekutu bagi-Nya? “Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (semua) akan dikembalikan” yaitu pada hari dikembalikannya kalian, lalu Dia membalas kalian atas amal-amal kalian. Jika amalnya baik, maka akan dibalas dengan kebaikan dan jika amalnya buruk, maka akan dibalas dengan keburukan. “Mengapa aku akan menyembah ilah-ilah selain-Nya,”
  1. “Jika (Allah) Yang Mahapemurah menghendaki kemudharatan terhadapku, niscaya syafa’at mereka tidak memberi manfaat sedikit pun bagi diriku dan mereka tidak (pula) dapat menyelamatkanku.” Yaitu, ilah-ilah yang kalian sembah selain Allah ini tidak memiki urusan sedikit pun. Seandainya Allah Ta’ala menghendaki keburukan bagiku, “Maka tidak ada yang dapat menghilangkannya selain Dia sendiri.” (QS. Al-An’aam: 17). Berhala-berhala ini tidak mampu menolak dan mencegah terjadinya semua itu, dan mereka tidak dapat menyelamatkanku dari apa yang aku alami. “Sesungguhnya aku kalau begitu pasti berada dalam kesesatan yang nyata,” yaitu, jika aku menjadikannya sebagai ilah-ilah lain selain Allah. Dan firman Allah Ta’ala: “Sesungguhnya aku telah beriman kepada Rabb-mu,” telah kalian kufuri, “Maka dengarkanlah (pengakuan keimanan)ku,” yaitu, dengarkanlah perkataanku.
  •  Dan boleh jadi yang diajak bicara adalah Rasulullah Saw dengan firman-Nya, “Sesungguhnya aku telah beriman kepada Rabb-mu,” yaitu yang telah mengutus kalian, “Maka dengarkanlah (pengakuan keimanan)ku.” Yaitu, maka saksikanlah oleh kalian tentangku dalam masalah itu. Itulah yang diceritakan oleh Ibnu Jarir.Ulama yang lain berkata: “Bahkan, para utusan tersebut mengkhithab hal itu pula dan dia berkata kepada mereka: ‘Dengarkanlah oleh kalian perkataanku agar kalian menjadi saksi bagiku tentang apa yang aku katakan kepada kalian di sisi Rabb-ku. Sesungguhnya aku beriman kepada Rabb kalian dan aku mengikuti kalian. Apa yang diceritakan oleh beliau ini adalah makna yang lebih jelas dalam ayat ini. Wallaahu a’lam

JILIK KE 2 TAFSIR QURAN DAN HADIS TABARUK AKAN BERPINDAH PADA EKAUN G.MAIL YANG BAHARU,.,.INSYAALLAH PADA TAHUN 2019,.,.,AMIIIN

JILIK KE 2 TAFSIR QURAN DAN HADIS TABARUK AKAN BERPINDAH PADA EKAUN G.MAIL YANG BAHARU,.,.INSYAALLAH PADA TAHUN 2019,.,.,AMIIIN